Cara Mengatasi Windows 10 Updates Pending and Not Installing

Sedati – Beberapa waktu lalu aku sempat menulis tentang “Update KB4494441 Windows 10 Membuat Error Aster V2.25” hal ini karena auto update pada Windows 10 berjalan sementara Aster V2.25 belum support dengan update windows dengan kode KB4494441, sehingga setalah update berlangsung Aster tidak dapat berjalan dan hanya berjalan dalam mode safe mode. Sempat panik kenapa bisa seperti ini, kemudian aku coba cek di forum ibik.ru akhir ada yang menulis bahwa update Windows 10 dengan kode KB4494441 belum support untuk Aster V2.25.

Setelah ibik.ru melakukan update Aster V2.25 menjadi Aster V2.26, dan berhasil aku install tapi yang menjadi masalah adalah update Windows meniadi pending atau non installing, pertanyaannya ada apa?

Cek Status Windows Update

Aku mencoba cek di Control Panel, disini didapati beberapa file yang sudah didownload otomatis oleh windows tidak bisa melakukan install, atau pending install. Kalaupun bisa melakukan install nilainya 0%. Padahal autoupdate sudah aku aktifkan. Pusingkan …

Setelah cek sana sini dan akhirnya pasrah, bertanyalah aku pada paman Google bagaiman mengatasi masalah update pending atau not installing ini.

How to FIX it?

Dari bertanya ke paman Google akhir menemukan jawaban, yaitu ada beberapa perintah yang mungkin pada saat aku dulu menonaktifkan windows update yang harus diaktifkan lagi, dan yang jadi masalah aku lupa mana saja yang dulu pernah dinonaktifkan agar windows tidak autoupdate.

Berikut adalah code CMD untuk memperbaiki Windows 10 Update Pending & Not Installing:

net stop wuauserv
net stop cryptSvc
net stop bits
net stop msiserver
ren C:\Windows\SoftwareDistribution SoftwareDistribution.old
ren C:\Windows\System32\catroot2 catroot2.old
net start wuauserv
net start cryptSvc
net start bits
net start msiserver

Setelah perintah diatas dijalankan melalui CMD as Administrator kira-kira tampilannya dalah sebagai berikut.

Setelah selesai melakukan perbaikan beberapa perintah untuk mengaktifkan windows update, PC di restart dan update pun berjalan lancar.

Jangan lupa jika melakukan update maka Windows harus original, jiwa Windows bajakan nanti akan ada peringatan bawah windows yang digunakan tidak original.

 

avatar
  Subscribe  
Notify of