Mikrotik Tidak Konek Internet Setelah Restart

Sedati – Beberapa waktu lalu aku pernah mengalami masalah mikrotik tidak bisa konek internet setelah restart, padahal sudah berjalan lancar beberapa hari atau bahkan bulan, tapi tiba-tiba tidak bisa koneksi ke internet. Client tidak bisa browsing, bahkan ping dari mikrotik ke DNS 1.1.1.1, 8.8.8.8 atau google.com saja tidak bisa, sempat bingung sampai Mikrotik aku restart beberapa kali, tapi hasilnya nihil alias tidak berhasil.

Baca-baca di internet juga tidak menemukan jawaban, akhirnya jalan terkahir alias jurus bingung adalah reset Mikrotik dan setting dari awal. Tentunya reset Mikrotik dan setting dari awal akan menjadi masalah jika tidak punya backup setting Mikrotik. Anehnya setelah mikrotik di setting ulang dapat berjalan dengan baik. Waktu itu aku sudah cek IP Address, Nat Firewall, DNS, Route semua setting sudah benar tapi mengapa tetap tidak bisa.

Apa Penyebabnya?

Setelah menelaah dengan seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya masalah itu ketemu, yaitu IP Address untuk LAN yang mengarah ke internet langsung. Waktu itu IP Address untuk LAN yang mengarah langsung ke internet aku lakukan manual seperti gambar berikut:

Saat setting internet awal, untuk mendapatkan IP pada LAN yang mengarah ke internet aku memang melakukannya secara manual melalui menu IP >> Address seperti gambar diatas, karena beberapa tutorial yang aku ikuti memang seperti itu, dan awalnya berhasil tapi setelah restart akan menjadi masalah.

Solusi Agar Jaringan Terkoneksi ke Internet

Sebenarnya mudah mengatasi masalah seperti ini, inipun setelah aku coba-coba tapi ternyata malah berhasil. Caranya adalah LAN yang terhubung langsung ke internet untuk mendapatka IP-nya adalah dengan memalui menu IP >> DHCP Client seperti gambar berikut hasilnya.

Setelah masuk dalam menu IP >> DHCP Client klik tanda + dan pilih interface yang mengarah langsung ke internet, dalam hal ini LAN interface yang mengarah ke internet aku beri nama “Internet”, tekan Apply dan tunggu sampai status bound.

Dan ternyata berjalan dengan baik, bahkan setelah mikrotik aku restart, shutdownpun setelah hidup dapat berjalan dengan lancar sampai saat ini.

END