Cara Blokir Aplikasi Play Store Android di Mikrotik

Malang – Semula Play Store Android adalah aplikasi yang aku sepelakan karena tidak mungkin menghabiskan kuota internet, ternyata dugaanku salah. Beberapa tulisan di intenet yang aku baca ternyata menghabiskan kuota internet juga. Setelah aku coba memang benar, satu hp saja jika waktu update bisa sampai 100 Mb, bayangkan kalau misal yang update 10 hp saja. Tapi jangan dibayangkan ya.

Bagaimana cara block Aplikasi Play Store Android?

Untuk melakukan blockir google play harus mengetahui dulu alamat dari google play tersebut, setelah aku browsing akhirnya menemukan ada bebera alamat web yang digunakan oleh oleh google play yaitu:

      1. android.clients.google.com
      2. play.google.com
      3. lh3.googleusercontent.com

Sementara 3 alamat web ini yang aku temukan, jika ada yang akan update silahkan melalui kolom komentar, nanti akan aku update.

Layer7 untuk blockir

Seperti biasa cara termudah melakukan blokir jika menggunakan layar7, disini script untuk layer7-nya adalah sebagai berikut:

^.+(android.clients.google.com|play.google.com|lh3.googleusercontent.com).*\$

Script untuk membuat layer7 adalah sebagai berikut:

/ip firewall layer7-protocol
add name=Google_PLAY regexp="^.+(android.clients.google.com|play.google.com|lh\
3.googleusercontent.com).*\\\$"

Setelah layer7 untuk blockir dibuat langkah selanjutnya adalah membuat Firewall Filter.

Firewall Filter

 

/ip firewall filter
add action=drop chain=forward comment="Google Play Blok" layer7-protocol=\
Google_PLAY log=yes log-prefix=Google_PLAY out-interface=Internet \
src-address-list="IP LOKAL DETAIL"

Kenapa ada src-address-list=”IP LOKAL DETAIL”? iya, saya membuat IP address list khusus untuk Android, untuk membuat address list ini memang masih secara manual saja, sehingga jika ada Android yang mengakses baru dimasukan address list secara manual? apa tidak bisa dibuat otomatis? jawabannya ya tentu bisa saja. Nanti saya di beberapa artikel kedepan.

Jika dilihat pada gambar diatas, terlihat bahwa mikrotik telah berhasil melakukan blockir terhadap google play store, pada saat aku coba hp ku juga tidak bisa membuka aplikasi google play store.

Untuk di youtube silahkan klik vidio berikut:

😀

avatar
  Subscribe  
Notify of